‘Dup-Hidup

Saya selalu senang berbicara tentang hidup dan saya harap kalian juga. Tapi apa yang dikejar oleh orang dalam hidup? apakah kita hidup hanya sebagai boneka atau raja atas kehidupan kita. Semua orang berjuang untuk hidup untuk orang yang dicintai yang kadang membuat kita menangis atau tertawa bahagia atau bahkan kita juga pernah menjadi pengecut , pecundang atau bahkan lebih rendah dari binatang meskipun kita adalah binatang –orang ahli biologi mengatakan seperti itu– yang ber-evolusi.

Hidup membuat kita mengerti bahwa ada kekuatan yang lebih besar di atas sana yang tidak terjamah oleh ilmu pengetahuan atau bahkan ahli-ahli terbaik dunia. Semua ilmu pengetahuan berkembang tetapi selalu ada celah untuk sedikit sentuhan keajaiban sesuatu yang tak tersentuh oleh akal dan pikiran kita. Dalam hidup hal terbaik adalah ketika kita mengetahui bahwa kita dicintai, dan kita memiliki teman-teman yang mendukung dan musuh yang semakin membuat kita berkembang terus baik secara jasmani dan rohani.

Satu hal penting kita dititipkan dalam sebuah keluarga yang menerima kita apa adanya dan selalu menangis untuk setiap luka yang kita alami.

Ibu. Hidup membuat kita mengenal sosok ibu, yang dimana kata-kata tidak akan dapat menggambarkannya. Sebuah kesempurnaan untuk karya penciptaan Tuhan. Banyak kata yang menggambarkannya dan memujanya : surga yang ada di telapak kakinya ; airmata yang menyucikan tiap kesalahan kita ; dan doa yang selalu bersama kita adalah dari seorang ibu. Saya hanya ingin katakan bahwa ibu adalah sosok terbaik dalam hidup yang tak ingin kau lupakan bahkan ketika bayangkematian datang menjemput.

Hidup juga membuat kita mengenal kekasih, teman, orang di sekitar kita. Saya kira berapa banyak kenangan yang tersimpan di memorimu akan seseorang adalah bukti bahwa kamu ada hidup di dunia yang nyata dan saya menyukai ke-real-an pada semua bentuknya seperti kata orang bijak bahwa:

Bahkan kemayaan pun adalah sesuatu yang nyata”.

Kekasih membuatmu menjadi seseorang yang menyenangkan dan membuatmu mengerti bahwa kita hidup dengan keseimbangan dan keindahan. Teman membuatmu tetap merasa muda akan semua ketuaan dan memberikan kedewasaan akan pemandangan suatu masalah. Orang -orang di dunia dan sekitar membuat kita mengerti bahwa kita hidup tidak sendiri di dunia ini tetapi bersama orang-orang yang sama seperti kita. Menghirup udara yang sama dan lahir dari sebuah rahim ibu dan memiliki teman, kekasih atau bahkan seseorang yang mendoakan dia.

Dan satu hal lagi hidup membuatmu mengenal dunia ini dengan semua kekuatan alam -Nya dan pesona keindahan jagat raya ini. Kita dapat melihat kesempurnaan di terik matahari, birunya langit, perkasanya pegunungan dan tenangnya lautan yang menyertai putaran siang dan malam. Alam.

Saya bukan orang yang sangat bijak untuk memahami hidup tapi bagi manusia seperti saya, hidup itu memang sempurna dalam ketidaksempurnaannya dan semua begitu indah ketika kita benar-benar hidup di sini, saat ini.

Bukan dalam keterpurukan dan ketiadaan, walau itu pun sebuah keniscayaan sebuah ketidaksempurnaan.

‘Dup-hidup-hi . . .

 

Advertisements

About this entry