Tragedi Mei 98, Holokaus Level Setengah!

Tragedi kemanusiaan, genosida bangsa Yahudi –Holokaus– yang diundangkan bahkan dalam Undang – Undang Nuremberg sebagai legitimasi “pembunuhan” bangsa Yahudi, sebuah tragedi yang membuat ras Yahudi sebagai subjek.

Sebuah kisah pilu dari seorang anak manusia yang berada dalam zaman pembantaian tersebut. Diteruskan oleh cucunya –yang seorang penulis– setelah membaca buku jurnal kakeknya –Olga Mecking– kakeknya yang seorang intelek yang mengalami sengsara dalam masa – masa masa bencana ini. Kakeknya yang akhirnya selamat dan kemudian diceritakan memiliki sense humor yang luar biasa. Kakeknya selamat dari dua kali upaya pembunuhan. Hidup bagai tikus dari rongsokan rumah terbakar ke rumah terbakar lainnya.

Rekonstruksi kisah kakeknya, dalam tulisan yang direncanakan diserahkan kepada suaminya yang seorang Jerman, sebagai penanda atau pelajaran masa gelap sebuah bangsa.

“Holokaus, cerita ini selalu tentang kepahlawanan atau korban; tetapi pilihan itu tidak untuk kakek Olga, kakeknya hanya seorang manusia yang bertahan hidup dalam masa menyesakkan yang tidak manusiawi”.

Kemudian, mari kita melihat tragedi Mei 1998 di negara kita tercinta, saat “tragedi” yang juga menargetkan “ras cina” sebagai sasaran. Ada dan jelas korban berjatuhan dengan pembenaran yang tidak mau seorangpun tahu. Siapa yang bertanggung – jawab tidak pernah dengan jantan mengakui di hadapan orang yang masih hidup, mungkin hanya mengecut di balik kuburan orang mati. Serombongan orang bahkan berani dalam ruang publik dengan bangga, mengancam dengan kata pengulangan tragedi mei ini. Ironi!

Tragedi Mei 1998, melahirkan kisah heroik, pahlawan dalam kursi – kursi empuk perwakilan atau mungkin eksekutif. Melahirkan cerita korban yang mencoba “move on!” Mungkin semata orang – orang yang selamat dan bertahan yang bukan pahlawan dan korban dalam tragedi tersebut, sedang membisu dan menunggu mati.

Berlebihankan jika saya dengan angkuh mengatakan tragedi lokal ini adalah holokaus level setegah! Holokaus yang diingkari ada undang – undang – nya di Eropa yang mengaturnya sebagai kejahatan. Mari berandai – andai usulkan pengingkaran “holokaus” Mei 1998 ini dinyatakan kejahatan. Sebuah baju anti peluru, terhadap peluru ide – ide busuk pemberangusan kemanusiaan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s